Tuesday, March 8, 2016

Tak Hanya Produk, OKI Juga Boikot Segala Kebijakan Israel

Jakarta - Presiden Joko Widodo menyerukan agar negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) memboikot semua produk Israel yang dibuat di tanah pendudukan. Menurut Jubir Presiden, Johan Budi, selain produk, Presiden juga menyerukan untuk memboikot segala kebijakan Israel terkait tanah pendudukan di Palestina.

"Jadi yang disampaikan Presiden kemarin itu boikot tidak hanya dalam bentuk barang, tapi juga kebijakan yang dibuat di tanah pendudukan, jadi produk dan kebijakan. Kan bahasanya boycott of products produce," kata Johan kepada detikcom, Selasa (8/3/2016).

Johan menegaskan, berdasarkan Deklarasi Jakarta yang disepakati dalam  KTT Luar Biasa OKI pada Senin (7/3), Presiden Jokowi menyerukan negara peserta OKI memberikan dukungan dalam bentuk boikot produk dan kebijakan Israel yang dibuat di tanah pendudukan. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan OKI dalam usaha kemerdakaan Palestina.

"Jadi produk-produk Israel ya diboikot, bukan sekadar barang, tapi kebijakan. Kan ada itu kebijakan Israel terkait permukiman, pengungsi dan lain-lain, nah itu yang diboikot juga," jelas Johan.

"Indonesia kan sejak dulu juga tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel," tegasnya.

Salah satu poin dalam Deklarasi Jakarta yang dihasilkan dalam KTT KLB OKI memang fokus untuk melakukan boikot terhadap Israel.

"Calling on the international community to support the boycott of products produce in or by the illegal Israeli settlements," begitu bunyi Deklarasi Jakarta yang membahas soal boikot produk Israel. 
(Hbb/nrl)


No comments:

Post a Comment